Bersama Bupati, Kapolres Balangan Tinjau Rumah Warga Yang Terdampak Banjir Serta Cek Posko Tanggap Bencana

Balangan – Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K bersama Bupati Balangan H. Abdul Hadi dan Kepala BPBD Balangan meninjau langsung rumah warga yang terdampak banjir di Desa Juai, Desa Buntu Karau dan Desa Mungkur Uyam Kec. Juai Kab. Balangan. Minggu, (20/11/2022) siang.

Kegiatan pengecekan sendiri guna melihat langsung rumah warga yang terdampak banjir karena meluapnya aliran sungai Balangan akibat intensitas hujan yang cukup tinggi selama 3 hari terakhir.

Selain mengecek rumah warga yang terdampak banjir, Bupati bersama Kapolres dan Kepala BPBD Balangan juga mengecek langsung kesiapan Posko tanggap bencana yang telah didirikan.

Ditemui terpisah, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K mengatakan telah memerintahkan seluruh personil Polres dan jajaran untuk siaga terhadap banjir dan tanah longsor yang diakibatkan hujan yang turun dengan intensitas tinggi.

Selain itu juga untuk tanggap terhadap masyarakat yang ada diwilayahnya masing-masing jika memerlukan bantuan saat terdampak musibah banjir dan tanah longsor.

“Kondisi wilayah yang dialiri sungai Balangan dan perbukitan yang rawan longsor, sehingga kami perlu menetapkan siaga terhadap aksi tanggap banjir dan longsor”, ucap Kapolres Balangan.

Kapolres juga menambahkan bahwa terhadap intensitas hujan yang tinggi dan lebat beberapa hari mengguyur wilayah Kab. Balangan dan sekitarnya membuat debit air sungai Balangan bertambah sehingga mengakibatkan meluapnya aliran sungai Balangan, sedangkan untuk wilayah perbukitan dan hutan, juga perlu diantisipasi untuk tanah yang rawan longsor.

Mengatasi Banjir dan tanah longsor, Kapolres Balangan menghimbau kepada warga Kab. Balangan melarang anak – anak bermain dibantaran sungai atau aliran sungai, mengamankan barang – barang berharga dan perhatikan jaringan listrik saat debit air menaik, hal ini guna mencegah adanya korban jiwa.

 138 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *