Gerakan Tanam Cabai, Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi Daerah di Kab. Balangan

Balangan – Sebanyak belasan ribu bibit cabai ditanam sebagai upaya untuk pengendalian inflasi di Kabupaten Balangan.

Polres Balangan bekerjasama dengan Pemkab Balangan melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Balangan serta perusahaan untuk pencanangan penanaman bibit cabai di Desa Harapan Baru, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalsel, Jumat (28/10/2022) siang.

Secara simbolis, Bupati Balangan, Abdul Hadi, S.Ag dan Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin, S.I.K beserta jajaran Forkopimda Kab. Balangan mulai menanam cabai yang sudah disemai.

Program ini digalakkan dalam kegiatan pencanangan gerakan tanam cabai yang nantinya juga akan menyasar desa – desa  di Kab. Balangan.

Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin, S.I.K menerangkan, gerakan tanam cabai untuk pengendalian inflasi daerah merupakan kebijakan dari Bupati Balangan. Dimana, program ini diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Ke depan, selain kerjasama dalam bentuk bantuan bibit, pihaknya juga akan bekerjasama untuk kebutuhan pupuk dan peralatan tanam. Sehingga menunjang proses penanaman cabai yang sudah disiapkan. Ucap Kapolres Balangan.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Balangan, Abdul Hadi menyampaikan, kebutuhan masyarakat untuk pemanfaatan cabai cukuplah banyak. Bahkan setiap hari warga hampir mengkonsumsi cabai. Sehingga harga cabai sangat berpengaruh terhadap tingkat inflasi.

“Pada tahun 2017, Menteri Pertanian pernah menghimbau agar setiap keluarga bertanam cabai. Saat ini kita dihimbau lagi,” kata Abdul Hadi.

Lanjutnya, ancaman inflasi yang akan dihadapi kali ini jauh lebih besar dibanding pada 2017. Sehingga meskipun menanam satu atau dua batang saja, namun ditanam oleh setiap keluarga, maka akan mampu berdampak  positif pada tingkat kebutuhan pasar, harga dan ketahanan pangan.

 1,443 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *