Jalin Silaturahmi dan Sinergitas, Kapolres Balangan Kunjungi Kejari Balangan

Balangan – Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K, M.Med.Kom didampingi Kasat Reskrim AKP Wahyudi, S.Sos, Kasat Intelkam Iptu Paisal Kadafi, SH, MH, Kasat Narkoba Iptu Popo Hartopo, SH,  Kasat Lantas Iptu Tatak Kusdaryono, SM, Kasat Samapta AKP Agus Sulistyo, Kasat Binmas Iptu Kuswanto dan Kasi Propam Ipda Aprillenson melaksanakan kegiatan Kunjungan silaturahmi ke Kejaksaan Negeri Balangan. Jumat, (13/01/2023) siang.

Kunjungan Kapolres Balangan disambut baik langsung oleh kepala Kejaksaan Negeri Balangan, La Kanna, SH, MH beserta jajaran.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K, M.Med.Kom menyampaikan bahwa, kunjungan ini dalam rangka menjalin hubungan kerja yang erat dan kerjasama yang baik, tetap terjaga sebagai aparat penegak hukum dilingkungan Kab. Balangan.

Selain itu untuk tercipta sinergitas antara aparat kepolisian, Pemerintah Daerah, instansi terkait serta elemen masyarakat khususnya dalam mewujudkan stabilitas keamanan yang kondusif dan juga menjaga kedekatan secara emosional.

Dalam kunjungan tersebut juga dibahas tentang Restorative Justice, ini merupakan program dari Kejaksaan Agung melalui Kejaksaan Negeri Balangan guna menyelesaikan perkara pidana tanpa melalui meja hijau dan memudahkan koordinasi dalam penyelesaian perkara diluar peradilan.

Selain itu juga untuk mendamaikan sebuah tindak perkara ringan, sehingga perkara tersebut tidak perlu dibawa ke pengadilan, sepanjang masih bisa diselesaikan diluar pengadilan dan secara kekeluargaan.

Kepala Kejaksaan Negeri Balangan, La Kanna, SH, MH menyampaikan program Restorative Justice tersebut sudah berjalan sejak bulan Januari tahun 2022.

Sementara itu, Kajari Balangan La Kanna, SH, MH menambahkan Restorative Justice ini denusiasi oleh kejaksaan dan semua terlibat atas dukungan Bupati Balangan, TNI/Polri serta Pengadilan, sehingga bisa menekan tingkat kejahatan. Dijelaskan La Kanna, syarat yang bisa dilakukan Restorative Justice yaitu tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana, tindak pidana hanya diancam dengan pidana denda atau diancam dengan pidana penjara tidak lebih dari 5 (lima) tahun, dan tindak pidana dilakukan dengan nilai barang bukti atau nilai kerugian yang ditimbulkan akibat dari tindak pidana tidak lebih dari Rp 2.500.000.

“Ini akan menjadikan hubungan antara Polres Balangan beserta jajaran Kejaksaan Negeri Balangan akan semakin dekat dan akrab, sehingga membuat Kabupaten Balangan ini menjadi Kabupaten yang semakin Aman, Tertib dan Nyaman, karena dukungan kuat dari berbagai elemen,,” tutup Kapolres Balangan.

 156 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *