Kemeriah Festival Budaya Banua Sanggam 2023 di Kabuputen Balangan

Balangan- Festival Banua Saggam 2023 di Kabupaten Balangan dibuka secara resmi oleh Bupati Balangan dengan meriah ditandai dengan pemukulan gong, pada Senin (4/9/2023) di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Disporapar Balangan.

Kegiatan mulai dari kegiatan pawai budaya, pameran tradisional, pergelaran tari tradisional, teater tradisional dan lomba permainan tradisional serta rangkaian kegiatan jelajah cagar budaya di Kabupaten Balangan.

Digelar selama tiga hari dimulai pada dari tanggal 4-6 September 2023, dengan menampilkan beragam aktivitas seperti pertunjukan seni, tarian tradisional, musik, pameran seni, kuliner khas, serta demonstrasi kerajinan dan kegiatan budaya lainnya.

Kegiatan pelaksaan festival budaya tersebut bertujuan sebagai bentuk perlindungan, pembinaan, pengembangan dan pemanfaatan seni dan budaya daerah.

Selain itu juga mendorong tumbuh kembang pelaku ekonomi kreatif guna meningkatkan kesejahteraan, dan sebagai media promisi kekayaan seni dan budaya di Kabupaten Balangan.

Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam sambutannya memberikan penghargaan tinggi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta seluruh panitia dan kerabat kerja yang telah bekerja keras menghadirkan festival ini, karena telah menyediakan wadah bagi warga bumi sanggam unjuk kreasi.

“Festival ini tentunya bisa menjadi media untuk menggali dan menumbuhkan animo masyarakat terhadap nilai-nilai tradisi daerah kita, dengan kearifan dan tata nilai yang khas,”ucapnya.

Ia juga mengajak seluruh warga bumi sanggam agar mendukung kelestrian budaya daerah dan jangan malas menyaksikan pertunjukan atau acara penampilan kreativitas dan seni kebudayaan daerah.

 219 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *