Kepala Desa dan BPD Ikut Pelatihan Peningkatan Kapasitas, Ini Pesan Kapolsek Paringin

Kapolsek Paringin Ipda Eko Budi Mulyono didampingi Camat Paringin Selatan, Perwakilan Kajari Balangan memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada 15 orang aparatur pemerintahan desa dan BPD (Badan Permusyarawatan Desa) Desa Halubau dan Desa Bungin bertempat di Aula kantor Kec. Paringin Selatan Kab. Balangan. Kamis, (15/12/2022) siang.

Kapolsek Paringin menjelaskan tujuan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan kapasitas aparatur Desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mampu meningkatkan daya saing desanya.

“Saat ini, desa dituntut untuk mampu mengelola anggarannya, baik itu ADD maupun APD, sehingga Kepala Desa, perangkat desa dan BPD harus paham regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan,” jelas Ipda Eko.

Lebih lanjut Ipda Eko menjelaskan materi pelatihan mencakup tentang Mekanisme Pengelolaan Keuangan Desa, menjelaskan Tupoksi Kaur/Kasi Keuangan Desa, menjelaskan Tupoksi Badan Permusyawaratan Desa (BPD), menjelaskan Modus Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Keuangan Desa dan Sanksi Hukum bagi Pelaku Tindak Pidana Korupsi sesuai Pasal 8 UU Nomor 31 Tahun 1999 Jo UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang tindak pidana korupsi.

Untuk itu, melalui pelatihan peningkatan kapasitas ini, diharapkan setiap Kepala Desa dan BPD agar meningkatkan dalam manajemen pemerintahan desa, rajin berdiskusi dan ingat aturan. Tutup Ipda Eko.

 1,423 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *