Polres Balangan Gelar Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Balangan – Polres Balangan Polda Kalimantan Selatan gelar upacara dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2022 bertempat di lapangan apel Polres Balangan. Sabtu, (01/10/2022) pagi Skp. 08.00 Wita.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono, SH, S.Sos, MM, dihadiri Pejabat Utama Polres Balangan, seluruh personil Polres Balangan, personil polsek jajaran dan ASN Polres Balangan.

Peserta upacara terdiri dari satu kelompok Pamen/Pama, satu peleton Satuan Sabhara,satu peleton gabungan staf Polres dan Polsek, satu pelton satuan Lalu lintas, satu peleton gabungan satuan Reskrim, Intelkam, Narkoba.

Kegiatan upacara di awali dengan hening cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara kemudian di lanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara dan pembacaan naskah UUD 1945, dan pembacaan naskah ikrar oleh perwira yang ditunjuk.

Adapun tema dalam rangka hari kesaktian Pancasila 1 Oktober tahun 2022 yaitu ” Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Ditemui secara terpisah, Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono, SH, S.Sos, MM mengatakan, semua anggota Polri harus menjadikan Pancasila sebagai landasan kerja untuk mencapai prestasi bangsa. Dimana nilai – nilai kebangsaan diantaranya nilai religiusitas atau nilai spritual, yang berdasarkan agama dan keyakinan yang memiliki toleransi antar umat beragama, nilai kekeluargaan yang senasib dan sepenanggungan dengan masyarakat, nilai keselarasan sebagai kemampuan beradaptasi memahami dan menerima budaya dan kearifan lokal, nilai kerakyatan yang selalu berkomitmen terhadap kepentingan rakyat, serta yang terakhir adalah nilai keadilan yang mampu menegakkan dan berbuat adil kepada sesama manusia harus benar-benar diterapkan dalam keseharian.

“Sebagai anggota Polri , kita wajib menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Terutama nilai kebangsaan dan spiritual,” jelas Kompol Dany.

 209 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *