Selipkan Sabu dalam Kulit Rambutan, Dua Warga Balangan Diamankan Sat Resnarkoba Polres Balangan

Balangan – Satuan Reserse Narkoba Polres Balangan berhasil amankan dua tersangka tindak pidana peredaran gelap Narkotika jenis sabu yang terjadi di wilayah hukum Polres Balangan, pada Senin (16/1/2023) malam.

Kedua tersangka adalah SR (43) warga Kelurahan Paringin Kota dan MF (43) warga Kelurahan Batu Piring.

Keduanya diamankan Sat Resnarkoba Polres Balangan di tepi jalan, Desa Riwa RT 08 Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Prov. Kalimantan Selatan.

Dari kedua tersangka, Sat Resnarkoba Polres Balangan menemukan barang bukti satu paket serbuk kristal dibungkus plastik klip warna bening yang diduga Narkotika jenis sabu dengan berat kotor 0,80 gram dan berat bersih 0,60 gram.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, SH, S.I.K, M.Med.Kom melalui Kasat Resnarkoba Polres Balangan, Iptu Popo Hartopo, SH membenarkan adanya penangkapan tersangka tindak pidana peredaran gelap Narkotika jenis sabu yang terjadi di wilayah hukum Polres Balangan.

“Pada hari Senin tanggal 16 Januari 2023 sekira pukul 21.00 WITA, anggota Sat Resnarkoba Polres Balangan mendapati tersangka SR (43) dan MF (43) yang mengendarai sepeda motor jenis Honda Scoopy warna merah dengan nomor polisi DA-6101 YAG dari arah Kab. Hulu Sungai Tengah menuju ke Kab. Balangan yang saat itu melintas di Desa Riwa Kec. Batumandi Pada saat akan diberhentikan salah satu pelaku membuang suatu benda di atas tanah yaitu berupa kulit rambutan,” ujarnya.

Kemudian ia menambahkan, dari penuturan tersangka (MF) pelaku mengakui bahwa kulit rambutan tersebut sengaja dibuang saat ada anggota kepolisian datang.

“Selanjutnya kulit rambutan tersebut dibuka di hadapan kedua pelaku dengan disaksikan warga setempat. Pada saat dibuka ditemukan plastik warga bening yang didalamnya terdapat 1 (satu) paket serbuk kristal dibungkus plastik klip warna bening yang diduga Narkotika jenis sabu,” tambahnya.

Setelah ditanya, kedua pelaku mengakui bahwa Narkotika jenis sabu tersebut adalah milik mereka yang baru dibelinya dari wilayah Desa Kundan Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

“Saat ini kedua pelaku dan barang bukti dibawa ke Polres Balangan guna proses penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Tersangka diancam Pasal 114 Ayat (1) sub Pasal 112 Ayat (1) Undang Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana minimal 4 tahun penjara.

 609 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *