Sikapi Penyebaran Berita Hoaks, Polsek Halong Mediasi Dua Kelompok Warga

Balangan_ Konflik sosial penyebaran berita hoaks yang terjadi di wilayah kecamatan halong berhasil ditangani oleh Polsek Halong Polres Balangan, melalui sarana mediasi oleh kedua belah pihak yang berseteru, Selasa (25/04/2023).

Dipimpin Kapolsek Halong Ipda Bambang Surya, mediasi permasalah berita hoaks tersebut membutuhkan waktu selama dua hari, baru mendapatkan kata sepakat dari kedua belah pihak.

Permasalahan dipicu adanya penyebaran informasi oleh Adul dan Koso kepada kepala desa Mamantang Abdah yangmana menyebutkan bahwa Sari ditimpas (dibacok) oleh Kelompok Pandawa 5 Halong agar disampaikan kepada pihak keluarga korban di desa Binjai Punggal dan desa Halong.

Setelah itu Kades Mamantang Langsung Merespon dan menyampaikan informasi tersebut kepada keluarganya di desa Binjai Punggal dan desa Halong, namun setelah dicari kebenaran informasi tersebut diketahui bahwa kabar tersebut tidak benar adanya / Hoaks.

Dari Kejadian tersebut, Amui dari pihak Pandawa 5 merasa Keberatan atas kejadian tersebut mengingat dampak dari isu tersebut terhadap Keluarga dan meminta agar Adul dan Kepala desa Mamantang Abdah mengklarifikasi isu tersebut dari mana sumbernya.

Kesepakatan berhasil diperoleh dari kedua belah pihak dengan kata sepakat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan kekeluargaan dan sama – sama saling Memaafkan

Kapolsek Halong Ipda Bambang Surya membenarkan adanya penyelesaian permasalahan konflik sosial warga telah ditangani pihaknya, kedua belah pihak yang berseteru berhasil ditangani dengan baik, keduabelah pihak bersepakat bersama – menjaga menjaga stabilitas keamanan di kecamatan Halong tetap kondusif.

“Isu yang berkembang di masyarakat sebenarnya tidak pernah terjadi, hanya opini liar warga yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sehingga menimbulkan kegaduhan, saat ini kedua belah pihah telah saling memaafkan dengan dilengkapi surat perjanjian damai,” terang Ipda Bambang Surya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat kabupaten Balangaan untuk bijak dalam menerima informasi apapun, dari manapun sebelum terbukti kebenarannya, cari sumber berita dari media lain atau orang lain maupun bertanya kepada pihak kepolisian.

 931 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *