Tekan Inflasi Daerah, Polres Balangan Bersama Pemkab Balangan Tanam Terong dan Panen Lombok

Balangan – Polres Balangan bersama fengan pemerintah Daerah Kab. Balangan menggelar kegiatan penanaman terong dan panen Lombok, kegiatan ini sebagai upaya dalam mengendalikan inflasi di Kabupaten Balangan dihadiri langsung oleh Bupati Balangan H. Abdul Hadi, S.Ag dan Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, SH, S.I.K. Med.Kom. Senin (23/01/2023) pagi.

Meskipun turun hujan kegiatan terus berlangsung, Dinas Pertanian dan anggota bhayangkari juga ikut dalam kegiatan tersebut. Bupati Balangan H. Abdul Hadi, S.Ag mengatakan kegiatan ini merupakan inovasi yang baik agar bisa menjadi contoh oleh masyarakat.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Polres Balangan bersama dengan pemerintah Daerah Balangan untuk mengendalikan inflasi,

Bupati Bapangan H. Abdul Hadi, S.Ag menambahkan kebutuhan cabai ditengah masyarakat cukup tinggi, bahkan setiap hari digunakan oleh warga. Cabai bahkan memberi pengaruh cukup besar terhadap pengaruh inflasi baik di daerah maupun di nasional.

“Kegiatan ini bisa mendorong masyarakat untuk gemar menanam cabai, anggota Polres Balangan menjadi contoh yang baik untuk warga,” ungkapnya. Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan juga telah menyerahkan Bantuan kepada petani seperti bibit, pupuk, obat obatan dan juga peralatan.

Dalam kesempatan ini H. Abdul Hadi, S.Ag juga menyampaikan beberapa keberhasilan Kab. Balangan dalam pengendalian inflasi. Secara nasional Kabupaten Balangan menduduki urutan ke 19 dalam realisasai anggaran.

Selain dari pemerintah Provinsi, Pemkab Balangan juga menganggarkan dana sebesar Rp 40 miliar dalam rangka pengendalian inflasi di berbagai sector baik pertanian, peternakan, perikanan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan beberapa sektor lainnya. Anggaran yang dialokasikan untuk pengendalian inflasi dari Pemerintah Daerah lebih besar dari Pemerintah Provinsi yang sebesar Rp 18 miliar.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, SH, S.I.K, M.Med.Kom mengatakan Polres Balangan mendukung Pemerintah Daerah dalam penguatan pertumbuhan ekonomi ditengah masyarakat. “Kami berharap dengan kegiatan ini membantu dalam pengendalian inflasi dengan melakukan kerjasama dengan Pemerintah daerah dimana lahan pertanian yang merupakan milik dari anggota kami,” ucap Kapolres Balangan.

Terpisah, Kasat Intelkam Polres Balangan Iptu Faisal Kadapi, SH, MH yang merupakan pengelola lahan pertanan mengatakan panen cabai yang dilakukan saat ini merupakan panen yang ke 16 kali. Diatas lahan seluas 1,5 hektar. “Sudah menghasilkan sekitar tujuh ton, namun saat ini harga cabai keriting jatuh dipasaran,” ungkapnya.

 1,116 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *