Antisipasi kerawanan kejahatan malam hari, Polisi Patroli ke Area publik

Menjaga stabilitas keamanan pada malam hari dari tindak kejahatan oleh geng motor, Unit Resmob Satuan Reskrim Polres Balangan gelar Patroli dan himbauan kepada pemuda yang sedang berkumpul di area publik, Jumat (27/10) dini hari.

Sedikitnya dua lokasi menjadi sasaran tim patroli unit Resmob Reskrim Polres Balangan, di Taman Hijau Balangan dan pusat kota Paringin dengan sasaran warga yang sedang berkumpul di lokasi.

Tindakan kepolisian tersebut dijelaskan Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin melalui Kasat Reskrim Iptu Galuh Rizka Pangestu sebagai langkah antisipasi adanya tindak kejahatan oleh kelompok geng motor seperti isu yang sedang merebak saat ini di beberapa wilayah di Kalimantan Selatan.

“Kegiatan ini adalah upaya kami cegah teriadinya tindak kejahatan, munculnya kelompok geng motor dengan memberikan himbauan kepada warga agar bersama sama menjaga kamtibmas di Wilkum Polres Balangan terkait maraknya Gangster yang terjadi di Banjarmasin,” ungkapnya.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan Patroli tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan dan secara umum situasi aman terkendali.

Patroli kepolisian pencegahan aksi premanisme dan gang motor di wilayah kota. Sasaran utama mereka adalah area perkotaan yang sering menjadi tempat berkumpulnya kelompok preman dan geng motor.

Tim patroli meluncur dengan dua mobil patroli yang dilengkapi dengan peralatan komunikasi dan peralatan keamanan. Mereka telah menerima informasi intelijen tentang kemungkinan pertemuan geng motor malam itu.

Setibanya di wilayah sasaran, tim patroli mulai melakukan tindakan preemtif. Mereka berpatroli di sekitar lokasi yang sering menjadi tempat berkumpulnya preman dan geng motor. Anggota tim juga aktif berkomunikasi dengan pemilik usaha dan warga sekitar untuk mendapatkan informasi terkait kegiatan mencurigakan.

Saat mereka menemukan sekelompok pemuda yang mencurigakan di salah satu sudut jalan, tim patroli mendekati mereka dengan sopan. Mereka memeriksa identitas dan melihat apakah ada barang-barang berbahaya atau ilegal. Selain itu, mereka memberikan himbauan untuk tidak terlibat dalam kegiatan ilegal dan mengingatkan pemuda tersebut tentang hukum yang berlaku.

Tim patroli juga melakukan razia terhadap sepeda motor yang diduga terlibat dalam aksi premanisme atau geng motor. Mereka memeriksa surat-surat kendaraan, kondisi kendaraan, dan melaksanakan tes alkohol jika diperlukan. Kendaraan yang tidak memenuhi syarat atau terlibat dalam pelanggaran dihentikan dan ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

Selama patroli, tim patroli juga memberikan penyuluhan kepada warga sekitar tentang cara melindungi diri dari potensi ancaman premanisme dan geng motor, serta pentingnya kerjasama dengan polisi dalam mencegah kejahatan.

Tim patroli terus berpatroli hingga larut malam, memastikan wilayah tersebut tetap aman dan kondusif. Melalui tindakan preemtif, mereka berusaha mencegah terjadinya aksi premanisme dan gang motor, serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kota.

 829 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *