Bhabinkamtibmas Bantu Pembangun Mesjid di Desa Telaga Paringin Selatan

Balangan – Menjadi seorang Bhabinkamtibmas memiliki beban tugas yang harus diacungi jempol, selain menjalankan tugas sehari hari kedinasan, seorang Bhabin juga harus mampu memberikan rasa aman, mengayomi hingga menciptakan ketenangan di desa binaannya.

Tugas pokok tersebut diimplementasikan Bhabinkamtibmas desa Telaga Purun Bripka Jainuddin, S.H., dengan rutinitas turun membantu kegiatan masyarakat desa saat bergotong royong membangun tempat ibadah, melakukan pengecoran Slop Masjid Ar Raudah desa Telaga Purun, kecamatan Paringin Selatan, Balangan, yang saat ini progres pembangunan masjid sudah mencapai 50 % semenjak awal tahun 2023.

“Pembangunan masjid ini sudah dicanangkan sekitar 2 tahun lalu, awalnya cuma pondasi, saat ini sudah dapat terlihat bangunannya berdiri,” ucap Jainuddin.

Bersama perangkat desa dan warga sekitar, gotong royong pengecoran tersebut terasa ringan dengan suasana kekeluargaan yang kental, berbagi tugas dan saling mendukung satu sama lain dalam menyelesaikan tugasnya.

Pembangunan masjid tersebut disebutkan Jainuddin berasal dari hasil pencarian sumbangan atau wakaf yang diberikan warga yang melintas di jalan desa Telaga Purun, dikerjakan oleh warga secara bergantian menjaga lokasi pengumpulan dana wakaf.

“Saat ke desa Binaan, saya sempatkan membantu warga gotong royong di lokasi pembangunan masjid, mempererat hubungan antara Polri dengan masyarakat,” jelasnya

“Kehadiran Bhabinkamtibmas dalam setiap kegiatan di desa menjadi barometer pelayanan Polri hingga ke tingkat bawah, semakin dekat Polri dengan masyarakat, indeks kepercayaan masyarakat terus meningkat,” ungkap Jainuddin.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin terus mengelorakan semangat personel Bhabinkamtibmasnya dalam menjaga stabilitas keamanan di desa binaan masing masing, terlebih saat ini pemerintah gencar mengajak para petani untuk menanam padi.

“Ada program pemerintah mengantisipasi dampak fenomena El Nino melalui Gerakan Menanam Padi Nasional, TNI Polri menjadi ujung tombak dalam mengawal keberhasilan para petani dalam menanam padi,” jelasnya saat dikonfirmasi Humas.

Ujung tombak di tingkat desa dari Kepolisian adalah para Bhabinkamtibmas, sehingga beban tugas mereka saat ini bertambah.

Bhabinkamtibmas saat ini harus mampu menjadi mediator antara petani kepada pemerintah tentang kendala yang dihadapi petani saat menanam padi.

“Para Bhabinkamtibmas Polres Balangan telah kami bekali kemampuan untuk menjadi mediator setiap kendala yang dihadapi petani, setiap Minggu kami lakukan analisa dan evaluasi kepada seluruh anggota Bhabin,” terang Kapolres Balangan.

Saat ini Bripka Jainuddin bertugas selaku Bhabinkamtibmas di 4 desa yaitu desa Baruh Bahinu dalam, desa Murung Abuin, desa Binjai dan desa Telaga Purun sesuai surat Keputusan Kapolda Kalsel No 07, Januari 2023.

 661 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *