Kabupaten Balangan Gelar Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024

Balangan- Persiapan yang matang menjelang Pemilu Tahun 2024, Kabupaten Balangan dengan penuh semangat dan kesatuan menggelar acara Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2024 yang berlangsung sukses pada Jumat (27/10/2023) di Aula Benteng Tundakan Kabupaten Balangan, Kalsel.

Dengan menghadirkan berbagai pihak kepentingan yakni Forkopimda, Bawaslu, KPU, PJU Polres Balangan, unsur Muspida, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, pimpinan perusahaan, pimpinan bank, dan seluruh peserta partai Politik tahun 2024

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K. dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemilu adalah mekanisme penting dalam proses Demokrasi di Indonesia, dengan memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memilih pemimpin, baik presiden maupun wakilnya dan anggota legislatif dari tingkat pusat Provinsi hingga Kabupaten.

Dengan persaingan ketat antar calon, partai, dan pendukung untuk meraih sebanyak-banyaknya suara rakyat.

“Kondisi tersebut memiliki banyak potensi terjadinya konflik, sehingga upaya mewujudkan Pemilu Damai adalah kepentingan yang harus diletakkan diatas segalanya pada setiap tahapan,” ucapnya.

Selain itu Bupati Balangan Abdul Hadi mengucapkan terimakasih kepada Kapolres, KPU dan Bawaslu Kabupaten Balangan yang telah berinisiatif menyelenggarakan Deklarasi Pemilu Damai pada hari ini dengan mengundang semua pihak.

“Melalui kegiatan Deklarasi ini, mudah-mudahan di Kabupaten Balangan tahun politik bisa kita lalui dengan aman, damai dan tertib,” harapnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Balangan dalam hal ini diwakilkan oleh Komisioner KPU.

Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 oleh Forkopimda, KPU, Bawaslu dan peserta partai politik tahun 2024.

Selain Deklarasi, juga dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) KPU, Bawaslu Kabupaten Balangan dengan Polres Balangan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

Deklarasi Pemilu Damai ini mencerminkan semangat kesatuan dan kerja sama yang kuat di Kabupaten Balangan, dan memberikan harapan bahwa Pemilu Tahun 2024 akan berjalan dengan sukses, tanpa insiden keamanan.

 761 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *