Operasi Patuh Intan 2023, Sasar Pengendara Yang Tidak Disiplin Berlalu Lintas

Balangan- Kepolisan Resor Balangan gelar apel pasukan Operasi Patuh Intan 2023, dilaksanakan selama 14 hari yang mulai beroperasi dari tanggal 10 Juli sampai dengan 23 Juli 2023 bertempat halaman mako Polres Balangan, Senin (10/07/2023) pagi.

Pada pelaksanaan Operasi Patuh Intan 2023 tersebut mempunyai tema “Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”.

Dari tema yang diambil tersebut, mempunyai tujuan agar masyarakat bisa meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan serta menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, guna mewujudkan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

Adapun sasaran pada Operasi Patuh intan 2023 ini yakni rendahnya pengendara yang disiplin dalam berlalu lintas seperti tidak melengkapi surat-surat kendaraan, tidak menggunakan Helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman (Safety Belt),Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) tidak sesuai, tidak mematuhi marka jalan,melawan arus, berbobcengan lebih dari satu orang, menggunakan HP saat berkendara dan pengendara dibawah umur serta pengendara dalam keadaan mabuk.

Upacara yang dipimpin oleh Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono, S.sos., S.H., M.M., dalam sambutannya mengungkap bahwa upacara yang digelar pada hari ini tersebut, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Patuh Intan 2023 baik dari aspek personel, sarana prasarana dan unsur terkait yaitu TNI, pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.

“Pada pelaksanaan operasi tersebut, akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif serta humanis guna meningkatkan kepatuhan dan disiplin dalam berlalu lintas,” ucap Wakapolres Balangan.

Sebagaimana harapan dari terlaksananya operasi tersebut, dapat menigkatkan kualitas keselamatan dan terbangunnya budaya tertib berlalu lintas di jalan raya.

 761 total views,  1 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *