Santri Balangan Deklarasikan Pemilu Damai

Balangan- Peringati Hari Santri 2023, Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K. hadiri kegiatan peringatan yang diadakan di lapangan Pemda Kabupaten Balangan, Selasa (07/11/2023).

Hari Santri merupakan momen yang penting untuk menghargai peran dan kontribusi santri dalam memelihara keberagaman dan kehidupan beragama di Indonesia.

Peringatan Hari Santri 2023 tersebut, mengangkat tema “Jihat Santri Jayakan Negeri” yang memiliki makna mendalam yaitu perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri.

Selain itu kegiatan tersebut juga menjadi ajang Deklarasi untuk mewujudkan Pemilu Damai, yang dihadiri oleh ribuan santri di Kabupaten Balangan.

Pada Peringatan tersebut, Bupati Balangan H Abdul Hadi membacakan amanat dari Kementrian Agama ia menyampaikan bahwa penetapan Hari Santri merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Para santri berperan besar dalam sejarah perjuangan bangsa ini, santri banyak terlibat pada berbagai peristiwa penting dalam membentuk kemerdekaan Indonesia ini,” ucapnya.

Ia berharap Peringatan Hari Santri tahun ini, menjadi titik awal bagi semuanya untuk lebih semangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama dan bangsa.

Dalam kesempatan lain, Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K. mengatakan peringatan Hari Santri merupakan momentum penting yang memadukan nilai-nilai agama dan kewarganegaraan.

Ditambah dengan kegiatan Deklari Pemilu Damai, yang dapat mengirimkan pesan kuat tentang pentingnya kerukunan dan keamanan dalam menjalani proses demokrasi, dan merayakan peran positif santri dalam menjaga keharmonisan masyarakat.

Acara peringatan Hari Santri dan deklarasi Pemilu Damai dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Balangan, tokoh agama, pemimpin pondok pesantren, tokoh masyarakat, serta masyarakat umum.

Selama acara, berbagai kegiatan seperti pembacaan kitab suci, ikrar santri, ikrar Pemilu Damai dan pemberian bantuan dari Pemerintah Kabupaten Balangan kepada Pesantren yang ada di Kabupaten Balangan.

 740 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *